Home > Food > Pedas Harum si Martabak Kubang

Pedas Harum si Martabak Kubang


Pedas Harum si Martabak KubangMartabak kubang sebagai menu berbuka puasa. Kenapa tidak? Perpaduan rasa kuliner Padang dan India ini rasanya sungguh menggugah selera. Isinya padat berupa cincangan daging plus irisan daun bawang. Dicocol kuah saus kecoklatan yang pedas gurih manis, woww… rasanya makin dahsyat!

Siapa yang tak mengenal martabak? Martabak yang kita kenal ada dua jenisnya, yaitu martabak manis dan martabak asin. Yang satu ini termasuk jenis martabak asin yang biasa juga disebut martabak telur. Martabak Kubang berasal dari Padang dan konon dikenal sejak tahun 1971, didirikan oleh Bapak Hayuda Yusri Darwis sekaligus pemilik resep asli si martabak kubang ini.

Martabak kubang memiliki ciri khas daerah Kubang, Padang yaitu berani dalam pemakaian bumbu. Martabak ini kulitnya sangat tipis sehingga sangat crispy saat disantap, namun isinya lebih tebal dan padat dibandingkan martabak telur pada umumnya. Rasa kulit yang gurih renyah dengan isi yang pedas harum itulah yang memikat selera.

Selain memakai telur bebek, martabak kubang memiliki isi berupa cincangan daging sapi atau potongan daging berbumbu rendang yang mantab rasanya. Selain itu juga diberi irisan daun bawang yang cukup royal. Untuk pelengkapnya, ada saus berwarna cokelat nyaris kehitaman dengan genangan irisan daun bawang bombay. Tak lupa seporsi acar juga ikut melengkapi hidangan ini. Saus kuahnya memiliki rasa khas pedas gurih dan manis yang membuat penikmatnya ketagihan.

Martabak kubang yang juga biasa disebut dengan Martabak Mesir ini banyak dijual di berbagai tempat. Namun martabak kubang asli milik Bapak Hayuda terletak di Jl. Dr. Saharjo no. 98, Jakarta Selatan atau di Jl. Raya Kalimalang. Selain martabak kubang, tentunya tempat ini juga roti canai yang tak kalah lezat. Martabak kubang paling nikmat saat disantap hangat-hangat bersama seluruh keluarga. Gimana, tergoda untuk menikmati si martabak kubang sore nanti?

Categories: Food
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: