Home > Food, Health, Info > Kolesterol

Kolesterol


Kolesterol. Serta-merta kini menjadi momok yang menakutkan. Bagaimana tidak, kolesterol jahat dalam tubuh menjadi sumber berbagai penyakit. Tak hanya itu, kolesterol yang dulu kerap diderita usia 40 tahun ke atas, kini sudah mulai “mengakrabi” usia muda. Wah-wah, bahkan di sejumlah rumah sakit saat ini mulai banyak pasien usia 20-38 tahun dengan keluhan sakit akibat tingginya kolesterol dalam darah mereka.

Nah, berikut beberapa asupan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol, antara lain :

1.   Kacang Kedelai : Kacang kedelai dan turunannya, alias kedelai yang sudah diolah misalnya menjadi tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang bisa menekan LDL, tapi inget.. meski nikmat tahu dan tempe bisa tidak efektif menurunkan kolesterol bila diolah dengan sembarangan, misalnya dengan digoreng melalui minyak jelantah atau dicampur santan. Sebab, santan dan minyak goring adalah sumber lemak jenuh.

2.   Kacang-kacangan : Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi. Mengkonsumsi serat larut bisa mengurangi kolesterol. Mengkonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10%.

Categories: Food, Health, Info
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: